Air Terjun – Curug Ciherang Bogor

Posted on

Curug Ciherang – Bogor

Curug Ciherang - Bogor

                         Curug Ciherang


Tanjungsari  Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor mempunyai keanekaragaman potensi wisata, terlebih wisata alam. Itu karena lokasi Kecamatan Tanjungsari dengan cara geografis dikelilingi Gunung gunung serta bukit yang masih tetap hijau, tempat Kecamatan samping timur kabupaten bogor itu yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur ini dapat jadi lintasan jalur alternatif Jakarta-Bandung, yakni Jalan Transyogi Cibubur – Cianjur.

Tidak heran, apabila Kecamatan Tanjungsari saat ini jadi tempat ideal sebagai rest ruang untuk ingindara yang lakukan perjalanan Jakarta- Bandung atau demikian sebaliknya. Di Kecamatan Tanjung sari terkecuali mempunyai obyek wisata seperti Taman Penangkaran Rusa serta Curug Country di Desa Buana Jaya serta Desa Tanjung Rasa, nyatanya masih tetap menaruh pesona tempat wisata yang tidak kalah menarik, yakni object wisata Curug Tujuh yang terdapat Desa Antajaya seputar 10 km. dari jalan paling utama Kec Tanjungsari kearah timur.

Baca juga : Object wisata Waduk Sempor Kebumen

Curug Ciherang - Bogor
Pemandangan Perjalanan

Potensi wisata ini dapat diperkembang mengingat curug itu mempunyai kekhasan dari susunan curug (terjunan air yang sejumlah tujuh terjunan). Tetapi, tempat curug tujuh memerlukan sentuhan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk jadikan maksud wisata. Dari pantauan jurnalmetro. com di seputar curug, kondisi alam yang masih tetap murni serta letak curug di areal rimba pas untuk wana wisata atau wahana wisata keluarga.
” Jika tempat itu diperkembang jadi obyek wisata pastinya itu bakal jadi tempat favorite untuk pengunjung dari Jakarta serta sekitarnya, ” kata Nandang, Kepala Desa Antajaya, waktu didapati jurnalmetro. com beberapa waktu terakhir. Untuk pengembangan taman wisata itu, Nandang menyampaikan dianya berbarengan warga desa telah mempersiapkan semua usaha untuk mempromosikan tempat itu. ” Bahkan juga untuk jalan menuju tempat curug tengah disiapkan oleh LMDH Desa Antajaya, ” tambah Nandang.

Curug Tujuh sekarang ini, bila ditempuh mesti dikerjakan dengan jalan kaki untuk menuju tempat. Tetapi apabila jalan telah usai ditangani oleh orang-orang, jadi kendaraan roda dua dapat meraih tempat. Tinggal bagaimanakah usaha pihak-pihak berkenaan (Pemkab Bogor, Red) supaya Curug Tujuh itu dapat berkembang serta memperoleh perhatian. Hingga nanti dapat jadi sumber pendapatan untuk orang-orang serta Desa Antajaya, ” tutur Nandang. (ades/indri)
Lokasi

Baca juga : Danau Cipule KarawangJawa Barat

Curug Ciherang - Bogor
Peta Lokasi

Terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 34′ 47.58″ S  106° 58′ 54.25″ E

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Jakarta atau 20 km dari kecamatan Citeureup Cibinong yang dapat ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan berkendaraan.  Kondisi jalan menuju kesana cukup baik sudah beraspal tapi ada beberapa sebagian jalan yang rusak meski tidak parah.  Disarankan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau empat karena belum ada angkutan umum.

Akses masuk dapat melalui Citerureup, Cianjur atau Cipanas karena melewati jalur alternatif Jakarta – Cianjur via Jonggol. Akses masuk lain dari Jonggol dan Sentul (melalui jalan baru Puncak 2).

Curug Ciherang - Bogor
Photo Lokasi

 Pemandangannya Keren
Bila perjalanan dari arah Jakarta (akses masuk dari Citeureup) kendaraan keluar dari pintu tol Jagorawi Citeureup.  Ambil arah kiri ke Citeureup melewati jalan raya Mayor Oking Jaya Atmaja dan dilanjutkan menuju daerah Tarik Kolot atau Lebak Pasir yang nantinya akan melewati Kawasan Wisata Pasir Mukti.  Lanjutkan perjalanan hingga ketemu pertigaan jalan Jonggol Cipanas, ambil arah ke Cipanas. Tak jauh dari lokasi pertigaan tersebut akan ditemui jalan masuk menuju curug tersebut yang ditandai dengan plang sederhana terbuat dari kayu bertuliskan Curug  Ciherang.

Dari pintu masuk perjalanan diteruskan ke area parkir sejauh kurang lebih 1500 m dengan kondisi jalan berbatu (makadam) yang menanjak dengan lebar sekitar 2 m.  Selanjutnya untuk menuju ke lokasi curug harus melewati jalan setapak berundak dan berbatu juga sejauh 500 m juga.

Tiket dan Parkir

Tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang.  Biaya parkir Rp 5000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 20000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata lain :





Baca juga : Wisata Waduk Saguling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.