Wisata Pantai Karawang

Posted on

Wisata Pantai Samudra Baru Karawang

Wisata Pantai Samudra Baru Karawang
Pantai Samudera Baru

Untuk anda yang mencari alternatif obyek wisata laut, yang dekat serta terjangkau, pasti tak perlu jauh-jauh mencarinya. Soalnya, di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes ada obyek wisata laut yg tidak kalah indahnya dengan wisata laut di daerah lain. Ya, nama obyek wisata itu yaitu Pantai Samudera Baru.

Pantai Samudera Baru ada di lokasi utara Karawang, tepatnya di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes. Jaraknya, seputar 40 km. dari kota Karawang. Mempunyai panorama alam yang cukup eksotis serta layak untuk jadikan obyek wisata unggulan. Di ruang pantai juga, ada warung-warung yang jual hidangan laut yang menggugah selera. Jadi, saat kita capek serta lapar sesudah bermain air, dapat segera nikmati santapan laut yang dijual di warung-warung itu.

Wisata Pantai Samudra Baru Karawang
Pintu Gerbang

Baca juga : Wisata Kebun Raya Bogor

Akses menuju pantai itu, tidaklah susah. Anda cukup melalui jalur paling utama Rengasdengklok-Pedes, anda bakal hingga ke obyek wisata. Cuma saja, untuk angkutan umum yang dapat segera ke obyek wisata, masih tetap minim. Jadi, dianjurkan untuk anda yang mau ke Pantai Samudera Baru, membawa kendaraan sendiri.

Waktu libur lebaran seperti saat ini, pantai itu banyak dikunjungi wisatawan. pengelola pantai wisata Samudera Baru, Tata Husein menyampaikan, jumlah pengunjung waktu libur lebaran membludak meraih beberapa puluh ribu, bahkan juga banyak pengunjung yang tidaklah sampai serta berpindah ke obyek wisata lain lantaran macet. ” Ada pula sebagian pengunjung yang sangat terpaksa balik arah, atau berniat mengalihkan maksud lantaran tidak mau menggunakan saat ditengah kemacetan jalan menuju tempat. Kami harap, pendapatan dari jumlah pengunjung dapat memenuhi keperluan untuk pelebaran tempat parkir kendaraan, terlebih sepeda motor yg tidak dikenai cost parkir, ” tuturnya.

Baca juga : Wisata Curug Nangka Bogor


Diteruskannya, dia bakal berupaya selalu tingkatkan fasilitas penunjang ditempat wisata itu, supaya kenyamanan pengunjung dapat terbangun. Salah satunya, dengan memperluas tempat parkir kendaraan, terutama untuk sepeda motor, juga butuh akses jalan penambahan yang ditujukan sebagai jalur keluar masuk kendareaan. ” Supaya tak berlangsung kemacetan menuju tempat wisata, saya meyakini semuanya pihak hafal serta memahami yang harusnya bisa disikapi dengan keseriusan. Walau, panitia berusaha dengan semua kekuatan yang ada untuk tingkatkan kapasitan fasilitas penunjang menuju tempat wisata, ” ujarnya.


Ekonomi Warga Terangkat

Membludaknya pengunjung pantai wisata Samudera Baru di Desa Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, digunakan oleh warga setempat, untuk memperoleh keuntungan lewat cara jadi pedagang dadakan. Mereka jual beragam jenis barang seperti souvenir, makanan s/d alat renang. Kondisi itu, jadi barokah sendiri untuk warga Pedes serta sekitarnya.

Baca juga : Wisata Arung Jeram di Sukabum

Wisata Pantai Samudra Baru Karawang
Samudera Baru

Salah seseorang pedagang dadakan, Mang Ano menyampaikan, jumlah pengunjung waktu libur lebaran, jauh semakin banyak di banding hari libur umum. Oleh karenanya, ia mau coba peruntungan dengan berjualan di ruang pantai. ” Membludaknya pengunjung membawa barokah hari raya untuk sebagian warga yang berinisiatif untuk jadi pedagang dadakan, atau penyedia alat renang, ” tuturnya pada RAKA, Kamis (23/8).
Ditempat wisata, lanjut Mang Ano, dia jual alat renang seperti ban serta pelampung. Terkecuali di Pantai Samudera Baru, dia juga buka sewaan alat renang ditempat wisata lain seperti Pantai Tanjungpakis di Desa Pakisjaya, Kecamatan Pakisjaya. ” Berniat kami juga mangkal di perempatan jalan menuju tempat wisata. Kita juga umum didapati mendekati tempat wisata, ” ulasnya.

Perhatian Pemerintah Mesti Ditingkatkan
Salah seseorang warga, Hadi (25) menyampaikan, masuk libur lebaran itu, tempat wisata laut yang ada di lokasi pantai utara Karawang, banyak dikunjungi orang-orang. Jumlah pengunjung, bertambah mencolok di banding hari libur umum. ” Banyak orang-orang yang datang kesini, baik dari Karawang ataupun luar Karawang. Pernah macet juga di jalan menuju pantai, ” tuturnya pada RAKA, Rabu (22/8).
Pengunjung yang datang, lanjut dia, dengan beragam macam, ada yang memakai sepeda motor namun banyak yang datang dengan cara rombongan memakai mobil bak terbuka. ” Yang datang ada yang gunakan motor ada pula yang gunakan mobil bak terbuka. Mungkin saja mereka ada yang mengajak semua anggota keluarga untuk nikmati libur lebaran, ” katanya pria warga Pedes itu.

Wisata Pantai Samudra Baru Karawang
Ikan Bakar Mantab
Wisata lain :




Baca juga : Wisata Situ Wanayasa Purwakarta

Dia mengharapkan, potensi wisata itu mesti dimaksimalkan oleh Pemda Karawang, terlebih fasilitas infrastruktur menuju obyek wisata itu. ” Itu potensi yang bagus. Karawang mempunyai obyek wisata yang komplit, dari mulai gunung, laut serta histori. Itu mesti dimaksimalkan, terlebih dalam pembenahan infrastruktrunya. Lantaran, tempat wisata sebagai arena promosi daerah, ” katanya.

Disamping itu, salah seseorang pengjung, Wawan (36) menyampaikan, berniat datang ke Pantai Samudara Baru berbarengan keluarga. Dia mau mengajak keluarganya untuk liburan. ” Saya berniat datang kesini. Memakai obyek wisata yang ada di daerah sendiri. Dari pada jauh-jauh ke luar daerah, tambah baik di daerah sendiri. Tempatnya juga tidak kalah bagus, ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.