11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Posted on

Kalimantan Utara adalah satu propinsi yang terdapat dibagian utara Pulau Kalimantan, Indonesia . Propinsi ini bersebelahan segera dengan negara tetangga, yakni Negara Sisi Sabah serta Serawak, Malaysia Timur. Propinsi ini yaitu pecahan dari Propinsi Kalimantan Timur yang dibuat dengan maksud menguatkan pertahanan serta keamanan di lokasi perbatasan, diluar itu maksud intinya untuk menghidupkan ekonomi orang-orang.

Di tiap-tiap kabupaten di Kalimantan Utara mempunyai beberapa tempat pariwisata yang pantas dikunjungi. Kalimantan Utara mempunyai kekayaan alam yang mengagumkan. Anda bisa nikmati wisata alam pegunungan, sungai, rimba lindung, serta air terjun, dan wisata pantai yang airnya jernih dengan panorama yang indah.

Sekarang ini, Kalimantan Utara adalah propinsi termuda di Indonesia, yang resmi disahkan jadi propinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 oktober 2012 berdasar pada Undang-undang Nomer 20 Th. 2012. Tersebut sebagian object wisata di Propinsi Kalimantan Utara yang dapat travelers kunjungi.

1. Rimba Lidung Sungai Sesayap 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Lindung Sungai Sesayap ada di Kabupaten Tana Tidung, object wisata alam ini bisa Kalian nikmati dengan berlayar di sungai Sesayap memakai perahu yang disiapkan masyarakat. Keindahan panorama serta pohon-pohon yang tumbuh subur bisa di nikmati disepanjang sungai. Rimba lindung ini adalah tempat berlindung serta berteduhnya beragam hewan yang dilindungi.

Hewan-hewan ini berlindung pada Pohon Perengat yaitu mempunyai buah yang umum digunakan untuk asam. Panorama lain yang tidak kalah serunya yaitu saat beberapa nelayan yang tengah menangkap ikan serta menjala udang di selama Sungai Sesayap, seandainya Kalian tahu Sungai Sesayap populer sebagai daerah penghasil udang.

Sebagian type hewan yang dilindungi di Rimba Lindung Sungai Sesayap yaitu kera, sebagian type burung serta hewan lindung yang lain.


2. Sungai Nyamuk 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Sungai Nyamuk ada disalah satu kelurahan di kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia. Di lokasi Sungai Nyamuk ini sebagian besar beberapa besar masyarakat berprofesi sabagai petani tanaman lada serta coklat. Di Daerah Sungai Nyamuk ini telah populer sebagai penghasil lada serta coklat dari kalimantan utara.

Untuk Sahabat yang tertarik dengan pengetahuan pertanian lada ataupun coklat, sudah pasti tempat ini dapat direferensikan sebagai tempat yang harus untuk dikunjungi. Tidak cuma tanamannya saja yag populer, keindahan alam di tempat inipun tidak ingin kalah.


3. Persemaian Inhutani 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Inhutani yaitu satu Tubuh Usaha Indonesia di bidang Kehutanan, dengan beragam unit usaha mencakup usaha industri pemrosesan kayu, pengelolaan rimba alam, serta pengelolaan rimba tanaman. Persemaian Inhutani yaitu obyek wisata yang letaknya tak jauh dari ibukota Kabupaten Tana Tidung.

Situasi alam disisni begitu nyaman serta begitu meyejukkan mata jadikan Persemaian Inhutani dipakai sebagai tempat rekreasi. Bertandang ke Persemaian Inhutani bisa merefres fikiran dari kegiatan keseharian. Labih jauh kedalam, panorama yang dihidangkan lebih memukau.

Di seberang jembatan, bakal didapati tiga buah tempat tinggal simpel yaitu rumah beberapa pengawas yang bertugas di lokasi itu. Pas di belakang deretan tempat tinggal pengawas, ada 7 buah kandang satwa yang disebut daya tarik untuk pengunjung untuk liburan. Kegiatan pengunjung yang bisa dikerjakan adalah outbound serta latihan golf.

4. Air Terjun Gunung Rian 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Gunung Rian ada di Kecamatan Sesayap, gunung ini dihiasi air terjun yang indah mengalir selama th.. Dengan mempunyai ketinggian -+90 mtr. serta ada banyak umpakan. Dari umpakan itu terdiri atas + 20m mendatar serta 20 m meninggi, diumpakan berikut pegujung dapat memanjatnya hingga ke puncak air terjun.

Di namakan Air Terjun Rian lantaran berlokasi di Kampung Rian yang ada di kaki Gunung Rian, Kalimantan Utara. Saat berwisata di Air Terjun Rian ini, wisatawan bakal disajikan panorama yang sungguh mengagumkan indahnya. Airnya yang jernih memberi sensasi kesegaran yang didatangkan lewat percikannya dibebeatuan.

Di sekitar lokasi air terjun dihiasi dengan keindahan rimba tropis nan khas eksotiknya. Vegetasi rimba tropis yang bermacam jadikan kerasan berlama-lama ditempat ini. Beberapa pengujung bakal dengan gampang menjumpai saah satu flora khas Kalimantan yaitu pohon Ulin. Untuk Kalian yang suka dengan tantangan di alam terbuka, tempat ini adalah tempat yang pas untuk mengekspresikan kebebasan Anda.


5. Pantai Tanah Kuning 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Pantai Tanah Kuning mempunyai pasir putih nan bersih membentang, dengan pesona alamnya yang demikian indah menakjubkan. Pantai Tanah Kuning adalah pantai hits di Kalimantan Utara yang mempunyai air bersih, semilir angin menimpa waktu ada dibibir pantai nan indah ini. Beragam pohon hidup subur di pinggir pantai makin memberi keelokan pemandangan dikawasan ini.

Nama Tanah Kuning di ambil dari nama desa di mana pantai indah ini ada. Nikmati ekotisme alam di Pantai Tanah Kuning semakin lebih asik serta lebih terkesan, sebab pengujung bakal memperoleh sambutan yang ramah dari masyarakat setempat. Pantai Tanah Kuning lebarnya 75 mtr. dengan panjangnya -+3 km. Pantai ini sangat pas untuk Anda Yang mempunyai hoby memancing ataupun berolahraga air.

Pantai Tanah Kuning adalah satu object wisata bahari yang letaknya berdekatan dengan Pantai Karang Tiga, pengunjung yang datang dapat sekalian berkunjung ke patai ini. Untuk menuju ke tempat Pantai Tanah Kuning diperlukan andenalin yang cukup menantang, sebab bagian jalannya masihlah sedikit susah ditempuh. Semuanya kesusahan bakal terbayar lunas, saat hembusan angin sepoy serta situasi pantai yang indah bakal menyembuhkan semua kelelahan.

6. Pantai Amal 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Pantai Amal yaitu object wisata yang kerap dikunjungi meskipun bukanlah saat liburan untuk sekear refreshing nikmati keindahan pantainya. Pantai ini ada di Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Dalam sejarahnya Pantai Amal adalah tempat pendaratan pertama tentara Jepang pada tahu 1942.

Walau Pantai Amal tak berpasir putih, pantai ini jadi pilihan object wisata yang ramai dikunjungi. Dengan pasirnya yang coklat dipadukan dengan cakrawala biru yang membentang serta lambaian pohon kelapa jadi bakal terlihat terang keindahan serta keharmonian alam di pesisir Pantai Amal ini.

Sekarang ini pemerintah Kota Tarakan tengah berencana untuk jadikan Pantai Amal sebagai lokasi mini Ancol di lokasi utara Kalimantan Timur dengan mengadakan pelebaran pantai. Untuk menuju ke pantai ini bisa di tempuh dengan memakai kendaraan pribadi, -+11 km dari pusat kota kurun waktu -+25 menit.

Dikawasan ini dapat tawarkan kuliner khas Kota Tarakan yakni Kapah rebus yang disebut semacam kerang lalu digabungkan dengan sambal mentah. Terkecuali Kapah, ada banyak lagi hidangan yang ada serta pastinya bakal menggugah selera makan Anda.

7. Pantai Batu Lamampu 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Pantai Batu Lamampu yaitu satu pantai yang terdapat di Kecamatan Sebatik, Kota Sebatik, Propinsi Kalimantan Utara. Nama pantai ini datang dari Bhs Tidung yang berarti Batu Muncul serta tersusun ke arah laut. Batu ini senantiasa nampak ke atas permukaan serta tidak pernah terbenam walau air laut gunakan.

Pantai ini adalah satu diantara icon di Pulau Sebatik yang medatangkan wisata domestic maupun turis domestic. Pantai Batu Lamampu mempunyai paronama laut yang indah, puncak, pasir putih bersih, dan lain-lain. Di object wisata ini umum dipakai champing, ivent, pengibaran bendera 1000 mtr. serta aktivitas yang lain.

Untuk menginginkan berwisata ke Pantai Batu Lamampu, beberapa pengunjung mesti menyeberang laut terlebih dulu ke Dermaga Mantikas Kecamatan Sebatik Barat. Pengunjung bisa memakai perahu umum maupun punya pribadi. Lalu, memakai mobil menuju Pantai Batu Lamampu di Kecamatan Sebatik.

Beragam kesibukan bisa dikerjakan di Pantai Batu Lamampu yaitu dari bakar-bakar ikan, sebatas berfoto dengan panorama pasir putih, dan berenang.

8. Gunung Putih 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Gunung Putih yaitu satu diantara desa di kecamatan Tanjung Palas, Bulungan, Kalimantan Utara, Indonesia. Gunung ini memiliki keindahan yang alami dengan mempunyai relief-relief seperti pahatan seniman. Gunung Putih memiliki pemandangan alam yang indah serta mengagumkan, ada sungai kecil disisi gunung, bebatuan memiliki ukuran cukup besar dan panorama paronama hijau yang mengasyikkan.

Ada dua titik paling utama yang bisa di kunjungi di Gunung Putih, yakni dipuncak gunung yang tertinggi. Panorama alam di puncak Gunung Putih begitu eksotik indahnya serta bikin terkagum-kagum, dari atas sana kita dapat melihat hamparan perumahan masyarakat, umumnya beberapa pencinta alam akan tidak melalui peristiwa yang indah itu.

Titik lain yang juga dikunjungi yaitu Goa Gunung Putih yang teletak dibelakang lereng gunung, untuk ke sana memerlukan saat 10-15 menit dari teras gunung. Sepanjang perjalanan melingkari gunung dapat nikmati panorama yang asri, sebab dari segi gunung itu belum terjamah yang makin memberi keindahan panorama di bawahnya.


9. Penangkaran Buaya Juwata 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Penangkaran Buaya Juwata mempunyai luas sekitaran 5 hektar ada di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat yang diawali mulai sejak th. 1991. Object rekreasi ini mempunyai koleksi buaya dari banyak wilayah di Kalimantan yang disebut satu diantara object wisata unggulan di Kota Tarakan.

Ada 4 type buaya ditangkarkan yaitu Buaya Muara (crocodylus porosus), Buaya Supit (tamistoma scheillius), Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus), serta spesial Buaya Papua (Crocodilus novaeguineae) yaitu buaya yang dilindungi di Indonesia. Buaya di tempat ini dikembangbiakkan serta pembesara yang lalu dipanen.

Beberapa produk yang dapat di ambil dari Buaya itu berbentuk daging, gigi, kulit, serta beragam material yang lain. Beberapa besar bahan dari kulit buaya untuk kepentingan ekspor yang lalu di proses jadi product dompet, tas, ikat pinggang, sepatu, dsb.


10. Museum Tempat tinggal Budar 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Museum Tempat tinggal Bundar yakni satu object wisata histori yang ada di lokasi kampung baru, Jl. Danau Jempang, Kelurahan Pramusian, Kecamatan Tarakan tengah, Kota Tarakan, Propinsi Kalimantan Utara. Museum ini di kelola langsug oleh Dinas Kebudayaan Kota Taraka, sebelumnya dibuka untuk umum museum itu dikenal sebagai tempat tinggal bundar.

Bangunan ini berupa seperti tempat tinggal biasanya dengan ukuran 6x 12 mtr. serta atapnya berupa 1/2 lingkaran. Bangunan ini didirikan oleh tentara Australia pada th. 1945 sebagai rumah sesudah merebut kekuasan dari tangan Jepang. Tempat museum itu bisa ditempuh sekitaran 15 menit dari Bandara Juwata Tarakan.

Museum ini masihlah termasuk sepi pengunjung karena masihlah sekurang-kurangnya koleksi. Mengenai bangunan histori lainya terkecuali museum ini yaitu perumahan staf BPM, Klenteng, Masjid, dan sebagainya.

11. Air Terjun Semolon 

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Sangat Menarik

Air Terjun Semolon memiliki bentuk seperti tangga dengan jumlah 9 tingkat. Air di Air Terjun Semolon adalah sumber air panas paling besar serta terunik yang dipercaya bisa mengobati beragam penyakit kulit. Banyakpula wisatawan lokal serta mancanegara yang berdatangan ke tempat ini.

Object Wisata air panas Air terjun semolon berlokasi di Desa Paking, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Pemandangan yang dihidangkan masihlah alami, indah serta asri yang belum terjamah banyaknya orang. Di sini telah disiapkan cottage untuk wisatawan yang menginginkan menginap sembari nikmati hawa fresh serta tarian khas dayak.

Dinas pariwisata setempat merencanakan bangun beberapa sarana penambahan seperti arena permainan anak, outbound, arena bersepeda, serta sarana lain. Terkecuali bisa nikmati air hangatnya, dikawasan ini dapat juga lakukan kegiatan arum jeram sebagai daya tarik untuk pengunjung

Wisata tempat lain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *